Manfaat Buah Manggis Agar Tubuh Tetap Terjaga Kesehatannya

By | Desember 26, 2023

Manfaat buah manggis ternyata bisa menjaga kesehatan untuk tubuh dimana ketika rutin mengkonsumsinya dengan berbagai olahan yang tepat. Meskipun asal usulnya sebagian besar tidak diketahui, manggis adalah buah yang berasal dari pohon cemara yang banyak ditemukan saat ini di daerah tropis yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Buah berwarna ungu ini telah menjadi sumber nutrisi bagi yang menikmatinya, tidak hanya menawarkan kandungan vitamin dan mineral yang kaya, tetapi juga sejumlah manfaat kesehatan yang kuat. Berair, manis, dan tajam, manggis sama lezatnya dengan manfaat, dan jika dimasukkan ke dalam makanan sehat, buah manggis dapat memberikan dampak yang luar biasa pada berbagai aspek kesehatan tubuh dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Manfaat Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis Yang Dapat Menangkal Berbagai Gejala Pada Tubuh

Manggis adalah salah satu yang terkadang disamakan dengan rambutan yaitu buah runcing berwarna merah. Tanaman manggis atau Garcinia mangostana merupakan pohon tropis dari famili Clusiaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Pohon buah manggis menghasilkan buah asam namun manis yang berwarna ungu tua saat matang. Buah manggis ungu adalah buah yang mudah disukai karena rasanya yang manis dan tajam. Dalam kondisi yang menguntungkan, pohon manggis tumbuh lambat dapat mencapai ketinggian 31 kaki, dan setiap pohon dilaporkan menghasilkan lebih dari 1.000 buah dalam satu musim. Pohonnya sendiri memiliki daun yang tebal, hijau tua, mengkilap dan bunga besar berwarna merah jambu. Pohon-pohon ini umumnya tidak tumbuh dengan baik di luar daerah tropis. Berikut ini manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh saat dikonsumsi, yaitu :

1. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan sangat kuat dalam kemampuannya menetralkan efek radikal bebas yang berpotensi merusak, atau sejenis molekul yang terkait dengan sejumlah penyakit kronis. Buah manggis mengandung folat, xanthone, dan vitamin c yang kesemuanya mengandung sifat antioksidan.

2. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sehat memerlukan pola makan sehat dan serat serta vitamin c yang penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan, ditemukan dalam buah manggis. Buah manggis juga dianggap mengandung sifat antibakteri, melawan bakteri berbahaya di tubuh.

3. Manfaat Buah Manggis Dapat Menjaga Kestabilan Jantung

Terdapat penelitian dimana menunjukkan bahwa ekstrak buah manggis berpotensi menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida. Sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit pada jantung. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik pada tubuh.

4. Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Dengan mengkonsumsi buah manggis dimana mengandung xanthone. Selain memiliki sifat antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi. Ternyata buah manggis juga kaya akan serat dan dapat mengurangi peradangan pada tubuh.

5. Membantu Dalam Mengurangi Berat Badan

Efek anti-inflamasi buah manggis diyakini bermanfaat bagi kemampuan tubuh untuk metabolisme lemak, yang pada dasarnya membantu mencegah penambahan berat badan. Meskipun ini bukan obat ajaib untuk menurunkan berat badan, tetapi dapat membantu sebagai bagian dari pola makan sehat dan pola olahraga.

6. Menjaga Kesehatan Pada Kulit

Karena sifat antioksidan dan anti inflamasinya, buah manggis jika diformulasikan menjadi ekstrak manggis dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Ini juga dapat berkontribusi mengurangi tanda penuaan.

7. Membantu Kesehatan Otak

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah manggis dapat membantu menjaga kesehatan otak dari waktu ke waktu. Ekstrak manggis dikatakan membantu mengurangi peradangan otak, mencegah penurunan mental, dan berpotensi mengurangi gejala yang berhubungan dengan depresi.

8. Dapat Membantu Kadar Gula Pada Darah

Adanya senyawa xanthone pada buah manggis berpotensi membantu menjaga kesehatan kadar gula darah. Bagi yang berisiko terkena diabetes dapat mengonsumsi ekstrak buah manggis untuk mengurangi resistensi insulin secara teratur.